5 Langkah Sukses Di Bisnis Online

Posted by

Tips ini saya ambil dari ebook Bapak Kusuma Putra yang berjudul 7 Pelajaran Ampuh Bisnis Online. Dari sekian banyak isi tulisannya yang 5 inilah inti dari kesuksesan bisnis online
 
1. Pilih Bidang yang anda akan masuki di bisnis online.
Sesuaikan dengan minat dan hobi anda. Bayangkan jika anda bisa mengerjakan sesuatu yang anda hobi kemudian dibayar karenanya, tidakkah itu mengasyikkan?
Saya ulangi:
Tidakkah menyenangkan bila anda bisa mengerjakan sesuatu yang anda hobi dan anda dibayar karenanya? Dibayar sangat banyak pula! Enak kan? Jadi pilih bidang yang sesuai dengan keahlian dan bakat serta minat anda.
Saya yakin anda mengerti yah!
Jika anda suka jualan dan suka bisnis, maka pilih bidang bisnis online. Jika anda suka dengan pengembangan kepribadian, maka masuk saja ke bidang itu di Internet. Jika anda suka dengan kesehatan atau diet, maka anda bisa jalankan bidang itu.
 
2. Buat Blog atau Newsletter.
Keduanya bertujuan hampir sama, yaitu untuk menciptakan komunitas orang yang bisa anda pengaruhi. Anda bisa mendemonstrasikan kelebihan anda dengan menulis sesuatu kepada mereka.
Tadi diatas kan kita sudah bicara tentang bidang hobi anda. Nah kalau anda hobi, hampir selalu anda akan tahu banyak kan disana? (Jika tidak, yah belajar dan cari informasi yang banyak di toko buku dan search engine untuk memperdalam bidang anda tadi ).
Tidak harus anda menjadi sangat ahli disana, namun anda bisa belajar menjadi ahli.
Nah, dengan membuat blog, anda bisa menuliskan apa yang anda pelajari dan apa pengalaman anda… sehingga banyak orang akan tahu bahwa mereka bisa belajar banyak mendapatkan banyak ilmu dari anda.
Kalau sudah begitu, akan lebih mudah nantinya untuk anda menawarkan mereka produk anda atau produk orang lain ( jika anda belum bisa membuat produk anda sendiri ).
Untuk bisa sukses di bisnis online, anda harus keluar dari persembunyian anda dan perkenalkan diri anda kepada dunia.  Jangan hanya sembunyi saja! Tunjukkanlah jati diri anda.
Dengan membuat blog atau newsletter maka anda sedang mengatakan kepada dunia: INI AKU, inilah yang aku ketahui, dengarkan aku, dengarkan suaraku, tulisanku, opiniku.
Agar anda bisa berjualan kepada komunitas di bidang anda.. orangorang yang ada di bidang anda… maka anda harus menjadi ahli disana.
Itu harus! Paling tidak anda tahu banyak deh di bidang pilihan anda. Jika tidak, orang tidak akan percaya, suka dan kenal dengan anda.
Karena anda tidak memperkenalkan diri anda dan membangun hubungan dengan mereka.
 
3. Datangkan kunjungan ke blog/newsletter anda.
Jika tidak ada yang mengunjungi maka tidak akan ada yang mengetahuinya! Jika orang tidak bisa menemukan alamat blog/newsletter anda, maka tidak ada seorangpun yang tahu bahwa anda ada.
Ada banyak tehnik mendatangkan banyak kunjungan, salah satunya adalah dengan belajar search engine!
 
4. Bangun hubungan dengan newsletter/pengunjung blog anda.
Semua bisnis adalah mengenai hubungan, ya kan? Cobalah, jika anda tidak kenal dengan baik, tidak percaya, dan tidak suka dengan orang tertentu, maukah anda berbisnis dengannya?
TENTU tidak dong.
Itu karena, orang hanya mau membeli sesuatu kepada orang yang mereka kenal, suka dan percaya!
Nah bagaimana menjadi orang yang disukai, dikenal dan dipercaya?
Yah cara TERBAIK adalah mem-branding (membuat terkenal) diri anda, dengan menjadi celebrities di internet.
Caranya? Dengan membuat blog atau newsletter atau keduanya.
Jika anda rajin menulis di blog anda, orang akan melihat anda sebagai seorang yang serius, sungguh-sungguh dan komitmen di bidang anda.
Dan semakin sering anda membagikan apa yang anda ketahui, maka apa yang anda akan ketahui menjadi semakin banyak dan kuat menempel. Itu karena kita belajar dengan mengajarkan.
Nah dengan berbagi ILMU maka orang akan senang kepada anda, dan bila ILMU yang anda bagikan terbukti benar-benar tulus maka mereka akan suka dengan anda dan percaya.
Selanjutnya anda bisa rekomendasikan produk-jasa apapun, atau produk-jasa anda sendiri, dan mereka akan membelinya.
Itu karena anda sudah membangun hubungan terlebih dahulu.
Prospek anda akan menuntun anda menemukan produk yang mereka inginkan, jika saja anda mau berhubungan dengan mereka dan bertanya kepada mereka.
Investasilah kedalam pengetahuan/ILMU, maka kembalinya akan ribuan kali lipat dalam jangka panjang.
 
5. Buat dan bangun jaringan produk anda sendiri!
Untuk sukses di dunia ini, anda perlu produk! Ya.
Bayangkan Joger di kuta Bali, yang dikenal orang dari seluruh dunia dengan kaos unik yang dipenuhi kata-kata yang lucu.
Setiap harinya, toko kecil milik Joger dikunjungi ribuan orang bahkan ratusan ribu orang dari seluruh Indonesia dan dunia.
Bayangkan jika Joger tidak percaya dengan bakatnya sendiri dan tidak berani memutuskan membuat produk sesuai dengan kelebihan-nya sendiri yaitu ‘menulis dan mengutak-atik kata-kata menjadi lucu dan menarik’.
Bila ia tidak membuat produknya sendiri, maka ia tidak akan sesukses sekarang.
Sama dengan di Internet… agar anda dikenal orang, agar anda bisa menawarkan sesuatu kepada orang lain: buatlah produk-jasa anda sendiri.
Uang, datang karena saya dan anda menukarkan ‘nilai tambah’ baik berupa produk atau jasa dengan uang itu.
Jika nilai tambah yang kita buat besar dan banyak, maka kita akan menerima uang yang banyak dan besar juga!
Jika kita tidak membuat nilai tambah, maka kita tidak berhak menerima uang. Sederhana kan?
Apalagi jika kita membuat: ‘nilai kurang’ bukannya ‘nilai tambah’ wah maka anda bakal masuk penjara deh. Selalu berpikir untuk mencari tahu apa yah nilai tambah yang bisa anda kembangkan menjadi produk-jasa anda sendiri.
Selalulah membuat dan menambah nilai tambah anda… kata Tung Desem Waringin, pembicara dan motovator sukses di Indonesia! Jika anda sudah berhasil membuat satu nilai tambah, bagus, tetapi bayangkan jika Joger, si penjual kata-kata tadi, hanya menjual satu


Blog, Updated at: 18:52:00

0 komentar:

Post a Comment

Drama Korea Murah Rp. 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Cari Blog Ini

Powered By Blogger


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar
Iwan Yas. Powered by Blogger.